RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Edward Chace Tolman

Edward Chace Tolman (1886 - 1959) adalah seorang Amerika psikolog. Ia paling terkenal atas studi tentang perilaku psikologi. Lahir di West Newton, Massachusetts, saudara CalTech fisika Richard Chace Tolman, Edward C. Tolman studi di Massachusetts Institute of Technology, dan ia menerima Ph.D. dari Universitas Harvard pada 1915. Sebagian besar telah menghabiskan karirnya di University of California, Berkeley (1918-1954), di mana dia mengajar psikologi.
Tolman yang terbaik dikenal untuk studi belajar di tikus menggunakan mazes, dan ia menerbitkan artikel banyak percobaan, yang karya-Nya dengan Ritchie dan Kalish pada 1946 adalah mungkin yang paling berpengaruh. Nya kontribusi utama teori datang di buku 1932, tetap dalam Perilaku Binatang dan laki-laki, dan dalam serangkaian karya dalam Psychological Review, "The menentukan perilaku dari pilihan di titik" (1938) dan "Cognitive peta dalam tikus dan laki-laki" (1948), dan "Prinsip kinerja" (1955)
Meskipun telah Tolman tegas behaviorist dalam metodologi, dia tidak radikal behaviorist seperti BF Skinner. Sebagai judul buku dari 1932 itu menunjukkan, dia ingin menggunakan perilaku metode untuk memperoleh pemahaman tentang proses mental manusia dan hewan lainnya. Dalam studi belajar di tikus, Tolman berusaha untuk membuktikan bahwa binatang dapat mempelajari fakta-fakta tentang dunia yang mereka kemudian dapat digunakan dalam cara yang fleksibel, bukan hanya belajar otomatis tanggapan yang tidak dipicu oleh stimuli lingkungan.
Dalam bahasa waktu, Tolman adalah "SS" (rangsangan-rangsangan), non-penguatan teoretikus ia drew pada psikologi Gestalt untuk menyatakan bahwa binatang dapat mempelajari hubungan antara stimuli dan tidak memerlukan eksplisit biologis untuk membuat event penting belajar terjadi. Hal ini dikenal sebagai latent belajar. Teori yang saingan, yang lebih mechanistic "SR" (stimulus-respon) memperkuat pandangan-driven, telah diambil oleh Clark L. Hull.
Kunci kertas oleh Tolman, Ritchie Kalish pada 1946 dan menunjukkan bahwa tikus yang dieksplorasi yang membingungkan yang berisi makanan ketika lapar mereka tidak mampu untuk menjalankannya dengan benar pada percobaan pertama ketika mereka masuk itu harus dilakukan sekarang lapar. Namun, Hull dan pengikutnya mampu menghasilkan alternatif penjelasan Tolman dari temuan, dan perdebatan antara SS dan SR belajar teori menjadi semakin sulit dan steril. Skinner's iconoclastic kertas dari tahun 1950, berjudul "Apakah teori belajar diperlukan?" persuaded banyak psikolog tertarik pada hewan belajar yang lebih produktif untuk memfokuskan pada perilaku itu sendiri daripada menggunakannya untuk membuat hypotheses tentang status mental. Pengaruh Tolman ide ditolak pesat di tahun 1950-an dan 1960-an nanti. Namun, prestasi itu sudah cukup.
Tahun 1938 dan 1955 kertas, yang diproduksi untuk Hull dari biaya yang dia meninggalkan tikus "dikubur dalam pemikiran" dalam membingungkan, tidak dapat merespon, diantisipasi dan disiapkan tanah banyak waktu untuk bekerja di psikologi kognitif, sebagai psikolog mulai menemukan dan menerapkan keputusan teori - suatu aliran kerja yang diakui oleh penghargaan dari hadiah Nobel untuk Daniel Kahneman pada tahun 2002. 1948 kertas dan memperkenalkan konsep dari peta kognitif, yang memiliki aplikasi luas ditemukan hampir di setiap bidang psikologi, sering di antara para ilmuwan yang tidak tahu bahwa mereka menggunakan gagasan pertama dirumuskan untuk menjelaskan perilaku tikus di mazes.
Selain itu, ketika pada seperempat abad kedua puluh hewan psikolog mengambil dunia dari keberhasilan kognitif psikologi manusia, dan mulai untuk memperbarui ilmu hewan kesadaran, banyak dari mereka beralih ke Tolman gagasan dan teknik kepada membingungkan. Dari tiga angka dari hewan besar psikologi di tengah abad kedua puluh, Tolman, Skinner dan Hull, akan dapat cukup diklaim bahwa Tolman's legacy yang sedang di liveliest, tentunya dalam hal penelitian akademik.
Tolman begitu banyak khawatir bahwa psikologi harus diterapkan dan untuk mencoba memecahkan masalah manusia, dan sebagai tambahan kepada teknis publikasi, ia menulis buku yang disebut Drives Pada Perang. Dia adalah salah satu senior yang profesor di Universitas California berusaha untuk membubarkan di McCarthyite era awal 1950-an, karena ia menolak untuk menandatangani sebuah sumpah kesetiaan - bukan karena ada kekurangan merasa loyalitas ke Amerika Serikat, tetapi karena pada infringed kebebasan akademik. Tolman adalah seorang pemimpin yang tahan dari sumpah, dan ketika Regents dari University of California dicari ke api, ia digugat.
Hasil pengadilan kasus, Tolman ayat Underhill, dipimpin California ke Mahkamah Agung pada tahun 1955 overturning mempersumpahkan dan memaksa semua hak mereka yang telah menolak untuk menandatanganinya Pada tahun 1963, di kemudian desakan dari Presiden University of California Clark Kerr, Universitas yang baru dibangun bernama Pendidikan dan bangunan di fakultas Psikologi Berkeley "Tolman Hall" di kehormatan; janda itu telah hadir pada upacara peresmian. Potretnya di pintu masuk gedung aula.
Psikologi Gestalt bermula pada lapangan pengamatan ( persepsi ) dan mencapai sukses yang terbesar juga dalam lapangan ini. Demonstrasinya mengenai peranan latar belakang dan organisasinya terhadap proses-proses yang diamati secara fenomenal demikian meyakinkan sehingga boleh dikatakan tidak dapat di bantah. Ketika para ahli Psikologi Gestalt beralih dari masalah pengamatan ke masalah belajar, maka hasil-hasil yang telah kuat / sukses dalam penelitian mengenai pengamatan itu dibawanya dalam studi mengenai belajar . Karena asumsi bahwa hukum –hukum atau prinsip-prinsip yang berlaku pada proses pengamatan dapat ditransfer kepada hal belajar, maka untuk memahami proses belajar orang perlu memahami hukum-hukum yang menguasai proses pengamatan itu.
Pada pengamatan itu menekankan perhatian pada bentuk yang terorganisasi (organized form) dan pola persepsi manusia . Pemahaman dan persepsi tentang hubungan-hubungan dalam kebulatan (entities) adalah sangat esensial dalam belajar. Psikologi Gestalt ini terkenal juga sebagai teori medan (field) atau lazim disebut cognitive field theory. Kelompok pemikiran ini sependapat pada suatu hal yakni suatu prinsip dasar bahwa pengalaman manusia memiliki kekayaan medan yang memuat fenomena keseluruhan lebuh dari pada bagian- bagiannya.

Posted 21 Jun 2011 12:17 PM by admin in Tokoh Pendidikan


Download Attachment :
26.pdf
27.pdf
311.pdf
34.pdf
47.pdf

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net