RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Gerakan Visual

Gerakan visual adalah terjadinya perubahan gerak/pergantian gambar dari satu shot ke shot yang lain. Gerakan atau perubahan visual ini diperlukan untuk menyusun kontinuitas gambar sehingga menjadi urutan yang tepat. Kamera studio, biasanya ditopang oleh sebuah penyangga, tripot atau pedestal, dan ada juga yang ditempatkan di sebuah crane. Dengan ditempatkannya badan kamera di atas penyangga, kamera dapat digerakkan sesuai dengan keinginan kita, karena dapat diputar ke kiri ke kanan, ke atas ke bawah, maju mundur, dan ditunggingkan ke atas ke bawah sesuai dengan naskah. Ada pula ketika ingin memfokuskan ke arah objek, kameramen tidak perlu bergerak maju mendekati objek tetapi hanya cukup menekan tombol zoom in, demikian pula sebaliknya. Bahasa yang dipergunakan juga sudah diformulasikan dan berlaku di dunia internasional. Gerakan visual ini dibagi menjadi dua, yaitu gerakan primer, geakan sekunder, dan gerakan tersier.

1. GERAKAN PRIMER

Gerakan Primer, yaitu gerakan yang terjadi di depan kamera. Pada umumnya gerakan visual ini merupakan gerakan per formen/pemain. Visualisasi dibawah ini menunjukkan kamera tampak tidak bergerak, sedangkan pemain dinamis bergerak. Fungsi Gerakan visual ini adalah melingkupi arah gerak, dan dengan sendirinya ukuran-ukuran visual terbentuk dari gerakan pemain itu sendiri.

2. GERAKAN SEKUNDER

Pada gerakan sekunder, perubahan gam bar terjadi karena gerakan kamera. Beberapa gerakan visual ini misalnya:pan, tilt, zoom, dolly, track, dan pedestal/crane. Berikut adalah uraian dan fungsi masing-masing gerakan sekunder.

PAN


Suatu cara pengambilan gambar dengan menggerakkan badan kamera ke arah horisontal tanpa mengubah posisi kamera. Gerakan ini untuk menghubungkan satu obyek dengan obyek yang lain secara horisontal sehingga visualisai mejadi lebih detil. Bila kamera menoleh ke kanan disebut “Pan Right”, menoleh ke kiri disebut “Pan Left”.

TILT


Gerakan kamera ini disebut Tilting kamera mengarah vertikal ke atas atau ke bawah. Gerakan ini untuk menghubungkan satu obyek dengan obyek yang lain secara verti kal sehingga visualisai mejadi lebih detil. Tilt Up, kemera mengarah dari bawah ke atas. Sebaliknya Tilt Down, kamera meng arah dari atas ke bawah.

DOLLY


Visualisasi ini disebut Dolly, Dolly merupakan rangkaian beberapa ukuran visual dimana perubahan gambar terjadi karena kamera bergerak/berjalan mendekati atau menjauhi obyek. Fungsi Dolly ini sama seperti Zoom. Disebut Dolly In, bila kamera mendekati obyek. Disebut Dolly Out, bila kamera menjauhi obyek

TRACK


Pengambilan gambar dengan gerakan kamera horisontal, disebut tracking. Tetapi, jika kamera sejajar dengan gerakan objek disebut follow tracking. Kalau kamera mengelilingi objek, sedangkan objek sebagai pusat gerakan, disebut revqlue tracking atau Arc.

PEDESTAL dan CRANE


Pengambilan gambar dengan pedestal dinaikkan disebut boom up atau elevate camera, sedangkan kalau diturunkan disebut boom down, juga disebut depress camera. Sedangkan kalau menggunakan crane disebut crane up dan crane down. Di samping standar ukuran gambar dan gerakan kamera seperti diuraikan di muka, masih ada lagi yang perlu kita ketahui, yakni masalah angle kamera (sudut). Yang dimaksud dengan-angle kamera ialah posisi kamera dengan objek yang membentuk sudut tertentu. Menentukan besarnya sudut kamera ini tergantung pada gambar yang dikehendaki. Pada dasarnya, karakteristik dan perbedaan sudut kamera itu terjadi karena maksud tertentu. Adapun sudut kamera yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut.
  1. Straight angle :sudut kamera yang demikian sering digunakan pada suatu acara yang gambarnya tetap;
  2. High angle :memberikan pandangan dari atas ke bawah. Sering digunakan untuk memberi penjelasan situasinya, juga untuk memberi tekanan dramatis;
  3. Low angle : objek dilihat dari tempat yang rendah. Sering digunakan untuk memberikan tekanan atas sifat seseorang. Sebagai ilustrasi berikut disampaikan bentuk-bentuk gambar dari ketiga sudut kamera (camera angle).

ZOOM


Zoom merupakan rangkaian beberapa ukuran visual dimana perubahan gambar terjadi karena perubahan besarnya sudut pandang lensa kamera. Disebut Zoom In bila sudut pandang menyempit sehingga gambar tampak membesar, dan disebut Zoom Out bila sudut pandang lensa kamera meluas, sehingga gambar tampak semakin mengecil.

3. GERAKAN TERSIER

Merupakan perubahan gambar yang terjadi karena proses editing atau penggunaan beberapa kamera melalui video mixer atau proses mixing.

CUT


Merupakan perubahan gambar secara tiba-tiba. Digunakan untuk perubahan atau perpindahan gambar tanpa sela.

FADE IN


Bermula dari gelap, kemudian perlahan-lahan gambar tampak sampai normal. Fade in ini sering digunakan untuk mengawali program atau scene tertentu.

FADE OUT


Bermula dari normal, kemudian perlahan-lahan gambar hilang sampai gelap. Biasanya digunakan untuk untuk mengakhiri suatu program atau scene tertentu.

DISSOLVE


Merupakan pergantian gambar dari satu gambar ke gambar lainnya secara perlahan-lahan. Digunakan untuk menyatakan hubungan erat antara dua buah gambar.

SUPER IMPOSE


Perpaduan dua gambar atau lebih di dalam 1 frame. Misalnya seorang presenter dengan super impose tulisan identitasnya.

EFFECT


Merupakan visualisasi variasi sebagai perubahan tambahan pada gambar. Pemberian effect visual akan memberi nilai lebih suatu program selama tidak mengganggu pesan yang akan disampaikan.



Posted 12 Jun 2011 06:21 AM by admin in Trik Merekam Video


Download Attachment :
Nuansa Fiqih Sosial.doc
Doktrin Zionisme Dan Idiologi Pancasila.doc
Bila Kiyai Menjadi Tuhan.doc
Kegiatan Belajar 1.doc
Rancangan Anggaran Kegiatan Pembelajaran Tik Smp Sma Arrahman 2011 2012.doc

Recent Post

  • Prinsip pendidikan dan
    Prinsip pendidikan dan pengajaran peserta didik autis - AsesmenAsesmen adalah proses yang sitematis dalam mengumpulkan data berfungsi untuk ...
  • Contoh Asesmen Perkembangan
    Contoh Asesmen Perkembangan Peserta Didik Autis - Aspek Sosial Apakah anak dapat diajak dalam kegiatan menempel ...
  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...




Checkpagerank.net