RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Jenis Tagihan dalam evaluasi hasil belajar

Data dan informasi sebagai dasar penentuan tingkat keberhasilan peserta didik  dalam penguasaan kompetensi dasar  yang diajarkan memerlukan adanya berbagai jenis tagihan. Jenis tagihan yang dapat dipakai dalam sistem penilaian berbasis kompetensi  dasar dapat terkait aspek kognitif atau psikomotor, antara lain sebagai berikut:
  1. Kuis
    dilaksanakan dalam waktu yang singkat misalnya 15 menit saja, dan hanya menanyakan hal-hal yang prinsip. Bentuknya berupa isian singkat. Kuis biasanya diberikan sebelum pelajaran baru dimulai yaitu untuk mengethui pelajaran yang lalu secara singkat. Kuis dapat pula diberikan setelah pelajaran diberikan, yaitu untuk mengethui pemahaman peserta didik terhadap pelajaran yang baru diberikan itu. Bila ada bagian yang belum dikuasai sebaiknya guru menjelaskan kembali dengan metode yang lain.
  2. Pertanyaan lisan di kelas
    Materi yang ditanyakan berupa pemahaman terhadap konsep, prinsip atau teori.  Teknik  bertanya yang baik adalah mengajukan pertanyaan ke kelas, memberi waktu sebentar untuk berpikir, memilih peserta didik secara acak untuk menjawab. Jawaban ini benar atau salah selalu diberikan kepada peserta didik lain atau meminta pendapat untuk jawaban peserta didik yang pertama. Kemudian guru menyimpulkan jawaban peserta didik yang benar. Pertanyaan lisan ini dapat diajukan pada awal atau akhir pelajaran
  3. Ulangan harian
    Ulangan harian sebaiknya dilakukan secara periodik, misalnya satu atau dua kompetensi dasar selesai diajarkan. Bentuk soal yang digunakan sebaiknya bentuk uraian objektif atau uraian nonobjektif. Tingkat berpikir yang terlibat sebaiknya pemahaman, analisis, dan aplikasi.
  4. Tugas individu
    Tugas invidu dapat diberikan setiap minggu dengan bentuk tugas atau soal uraian objektif / nonobjektif. Tingkat berpikir yang terlibat sebaiknya aplikasi, analisis, bila mungkin sampai sintesis dan evaluasi. Tugas individu untuk mata pelajaran tertentu dapat terkait dengan ranah psikomotor, seperti mengadakan observasi lapangan dalam Geografi atau latihan tari/musik pada pelajaran Pendidikan Kesenian.
  5. Tugas kelompok
    Hal ini digunakan untuk menilai kemampuan kerja kelompok.  Bentuk soal yang digunakan adalah uraian dengan tingkat berpikir tinggi yaitu aplikasi sampai evaluasi. Bila mungkin peserta didik diminta menggunakan data sungguhan atau melakukan pengamatan terhadap suatu gejala, atau merencanakan suatu proyek Proyek pada umumnya menggunakan data sungguhan dari lapangan. Tugas kelompok dapat terkait dengan ranah psikomotor.
  6. Ulangan blok
    Bentuk soal yang dipakai dalam ulangan blok, bagian dari semester dapat berupa PG, uraian, atau campuran PG dan uraian. Materi yang diujikan harus berdasarkan kisi-kisi soal. Tingkat berpikir yang terlibat dari ranah pemahaman sampai dengan evaluasi.
  7. Laporan kerja praktek atau laporan praktikum
    Bentuk ini dipakai untuk mata pelajaran yang ada kegiatan praktikumnya, seperti: Fisika, Kimia, Biologi. Peserta didik bisa diminta untuk mengamati suatu gejala dan melaporkannya.
  8. Responsi/ujian praktek
    Bentuk ini dipakai untuk mata pelajaran yang ada kegiatan praktikumnya seperti Fisika, Kimia, Biologi, yaitu untuk mengetahui penguasaan akhir baik ranah kognitif maupun psikomotor. Ujian responsi dapat dilakukan di awal praktek atau setelah melakukan praktek.  Ujian yang dilakukan sebelum praktek bertujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik melakukan praktek di laboratorium. Sedangkan bila dilakukan setalah praktek bertujuan untuk mengetahui kompetensi dasar praktek yang dicapai peserta didik dan yang belum.
Tingkat berpikir peserta didik yang terlibat dalam mengerjakan tugas-tugas dalam sistem penilaian yang berbasis kompetensi meliputi tingkat berpikir yang berkait dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Deklaratif berisi tentang konsep, prinsip, dan fakta, sedangkan prosedural mencakup proses, strategi, aplikasi, dan keterampilan.

Posted 28 May 2011 03:46 PM by admin in Laporan Hasil Belajar


Download Attachment :
26.pdf
27.pdf
311.pdf
34.pdf
47.pdf

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net