RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Klasifikasi Materi Pembelajaran

Jenis materi pembelajaran dibedakan menjadi 4 yaitu : fakta, konsep, prinsip, dan prosedural. Materi jenis fakta adalah materi berupa nama-nama objek, nama tempat, nama orang, lambang, peristiwa sejarah, nama bagian atau komponen suatu benda, dan lain sebagainya. Materi konsep berupa pengertian, definisi, hakikat, inti isi. Materi jenis prinsip berupa dalil, rumus, postulat adagium, paradigma. Materi jenis prosedur berupa langkah-langkah menelepon, cara-cara pembuata telur asin, cara-cara pembuatan bel listrik, dsb.
Materi yang akan diajarkan perlu diidentifikasi apakah termasuk fakta, konsep, prinsip, prosedur, atau gabungan lebih dari satu jenis materi. Dengan mengidentifikasi jenis-jenis materi yang harus dipelajari siswa, maka guru akan mendapatkan kemudahan dalam cara mengajarkannya. Hal ini disebabkan, setiap jenis materi pembelajaran memerlukan strategi pembelajarannya atau metode, media, dan sistem penilaiannya yang berbeda-beda. Misalnya metode mengajarkan materi fakta atau hafalan adalah dengan menggunakan “jembatan keledai”, sedangkan metode untuk mengajarkan prosedurallah adalah demonstrasi.
Dengan mengacu pada kompetensi dasar, kita akan mengetahui apakah materi yang harus dipelajari siswa itu berupa fakta, konsep, prinsip, atau prosedur. Cara yang paling mudah untuk menentukan jenis materi pelajaran yang harus dipelajari siswa adalah dengan jalan mengajukan pertanyaan tentang kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa :
  1. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa mengingat nama suatu objek, simbol atau suatu peristiwa? Kalau jawabannya “ya” maka materi pembelajaran yang harus dipakai adalah “fakta”. Contoh: Nama dan lambang zat kimia, nama-nama organ tubuh manusia.
  2. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa konsep yang menyatakan suatu definisi, menulis ciri khas sesuatu, mengklasifikasi atau mengelompokkan, beberapa comtoh objek sesuai dengan suatu definis? Kalau jawabannya “ya” berarti materi yang harus diajarkan adalah “konsep”. Contoh : Seorang guru Biologi menunjukkan beberapa tumbuhan-tumbuhan kemudian siswa diminta untuk mengklasifikasikan atau mengelompokkan mana yang termasuk tumbuhan berakar serabut dan berakar tunggang.
  3. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa menjelaskan atau melakukan langkah-langkah atau prosedur secara urut atau membuat sesuatu? Bila “ya” maka materi yang harus diajarkan adalah prosedur”. Contoh : Seorang guru Sosiologi mengajarkan bagaimana proses penyusunan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan dalam mewujudkan masyarakat madani. Seorang guru fisika mengajarkan bagaimana membuat magnit buatan. Seorang guru kimia mengajarkan bagaimana membuat sabun mandi.
  4. Apakah kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa berupa menentukan hubungan antara beberapa konsep, atau menerapkan hubungan antar berbagai macam konsep? Bila jawabannya “ya”, berarti materi pelajaran yang harus diajarkan termasuk dalam kategori “prinsip”. Contoh : Seorang guru Ekonomi menerangkan hubungan antara penawaran dan permintaan suatu barang dalam lalu lintas ekonomi. Jika permintaan naik sedangkan penawaran tetap, maka harga akan naik. Seorang guru Matematika menerangkan cara menghitung luas persegi panjang. Luas persegi panjang adalah panjang dikalikan lebar.
Tipe, klasifikasi, atau jenis-jenis materi pembelajaran juga mempunyai hubungan yang erat dengan perumusan indikator dan tes. Materi pembelajaran yang termasuk dalam kategori “fakta”, perumusan indikatornya berbunyi “siswa dapat menyebutkan”, sedangkan tesnya berbunyi “Sebutkan” dan seterusnya.
Untuk membantu memudahkan memahami keempat jenis materi pembelajaran tersebut, diperhatikan tabel dibawah ini.

Fakta

Konsep

Prosedur

Prinsip


Menyebutkan kapan, berapa, nama dan di mana

Definisi, identifikasi, klasifikasi, ciri-ciri

Diagram alir (flowchart), langkah-langkah mengerjakan urut.

Penerapan dalili, hukum, atau rumus; hipotesis, hubungan antar variabel (Jika ... Maka ....).

Berbagai sumber dapat kita gunakan untuk mendapatkan materi pembelajaran dari setiap kemampuan dasar, seperti:
(a)  Buku teks dan buku bacaan/referensi
(b)  Laporan hasil penelitian
(c)   Jurnal (penerbitan hasil penelitian dan pemikiran ilmiah)
(d)  Majalah ilmiah
(e)  Pakar bidang studi
(f)    Profesional
(g)  Buku kurikulum, dan lain-lain.
Perlu diingat, dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis kompetensi, buku-buku atau penerbitan tersebut hanya merupakan bahan rujukan. Artinya, tidaklah tepat jika hanya menggantungkan diri pada sebuah buku teks sebagai satu-satunya sumber materi. Mengajar bukanlah menyelesaikan satu buku, tetapi membantu siswa mencapai kompetensi. Karena itu, hendaknya guru menggunakan banyak sumber materi. Bagi guru, sumber utama untuk mendapatkan materi pelajaran adalah buku teks/buku bacaan/referensi dan buku kurikulum.
Berikut disajikan contoh materi pembelajaran termasuk dalam suatu kompetensi dasar mata pelajaran Biologi.
Contoh :
Mekanisme transportasi pada sel meliputi proses difusi dan osmosis dan transiportasi aktif. Pada makhluk hidup tertentu mekanismenya dapat melalui proses enndositosis atau eksossitas. Dengan demikian agar siswa dapat menguasai kompetensi dasar berupa kemampuan menguraikan mekanisme transportasi pada sel harus mempelajari ketiga materi tersebut. Hasilnya dapat disajikan dalam tabel sebagai berikut.
Tabel : Contoh penjabaran Kompetensi Dasar Menjadi kompetensi Pokok

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran


1. Mendiskripsikan Pendapatan Nasional

1.1. Pendapatan Nasional

Posted 27 Jul 2011 05:01 PM by admin in Teori Belajar


Download Attachment :
Pengertiaan Komputer Dan Internet3.doc
Cover_1.doc
Pertemuan I Kewarganegaraan.doc
Makalah Dunia Maya.pdf
Pembahasan Soal Snmptn 2010 Fisika Kode 548.pdf

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net