RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Komponen-Komponen Dalam Strategi Pembelajaran

Mengenai komponen-komponen dalam strategi pembelajaran dijumpai beberapa pendapat yang masing-masing pendapat tersebut dapat berbeda. Memang hal tersebut wajar dalam arti mudah dimengerti sebab penentuan komponen-komponen tersebut dipengaruhi oleh sudut pandang atau penekanan peninjauan oleh ahli yang bersangkutan.
  1. Darmo Muljoatmojo dan Murhida anis Das (dalam Hasan Basri, 1995:63), Mengemukakan beberapa komponen yang berpengaruh dalam strategi pembelajaran, yaitu: a) Tujuan, b) Pebelajar yang belajar, c) materi pembelajaran, dan d) logistik yang menunjang pencapaian tujuan.

    • Tujuan
      Bruce Joyce dan M. Weil (1980),mengemukakan ada dua macam tujuan, yaitu: (1). Pembelajaran effect, yaitu tujuan yang secara eksplisit diusahakan tercapai dengan tindakan pembelajaran tertentu. (2). Nurturant effect, yaitu tujuan yang lebih merupakan hasil pengiring yang pencapaiannya sebagai akibat pebelajar hidup didalam sistem lingkungan belajar tertentu.
    • Pebelajar :
      Dalam pemilihan strategi pembelajaran harus mempertimbangkan kemampuan yang telah dikuasai pebelajar sehubungan materi yang akan dipelajari.
    • Materi :
      Jenis materi pelajaran yang akan disampaikan perlu mendapat perhatian khusus dari pembelajar (Instruktur) dalam menentukan strategi pebelajaran.
    • Logistik :
      Dalam menentukan strategi pembelajaran perlu mendapat ketersediaan logistik yang diperlukan. Oleh karena itu, variasi kegiatan belajar akan tergantung logistik yang tersedia ataupun yang dapat disediakan.
  2. Dick dan Carey (1985), mengemukakan adanya 5 komponen dalam strategi pembelajaran, yaitu: a) Kegiatan pembelajaran pendahuluan, b) Penyampaian informasi, c) Partisipasi pebelajar, d) Test, e) Kegiatan lanjutan.

    • Kegiatan pembelajaran pendahuluan
      Kegiatan ini bermaksud untuk menarik perhatian/minat atau meningkatkan pebelajar terhadap materi pelajaran yang akan dipelajari.
    • Penyampaian informasi :
      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah: (1) Sequence (urutan), (2) Scope (cakupan) materi yang akan disampaikan, (3) Jenis materi yang disampaikan (fakta, konsep, prinsip, dan prosedur).
    • Partisipasi pebelajar :
      Menurut Dick dan Carey proses belajar akan lebih berhasil bila diberikan latihan-latihan yang secara langsung relevan dengan Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK).
    • Test :
      Test disini berfungsi mengevaluasi apakah Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) yang telah ditetapkan tercapai.
    • Kegiatan lanjutan :
      Bagi mereka (pebelajar) yang telah berhasil diberikan program pengayaan dan bagi yang belum berhasil diberikan program remidi (remidial teaching).

Posted 22 Jul 2011 04:17 PM by admin in Strategi pembelajaran


Download Attachment :
G1898518 Instalasi Wordpress Offline.pdf
Mkpbm I Mata Kuliah Pbm I.doc
Pengaruh Ifrs Terhadap Silabus Dan Materi Pengajaran Akuntansi Keuangan.doc
Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sekolah Dasar Se Kota Surabaya Tahun 2011.doc
Nara Sumber Pada Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sd Pemerintah Kota Surabaya Tanggal 20 Juli 2010.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net