RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Model ASSURE

Model ASSURE - Memilih Metode, Media, dan Materi Pembelajaran
Model ASSURE adalah pedoman langkah-langkah perencanaan untuk memilih dan memanfaatkan media (Heinich, Molenda, Russel, dan Smaldino, 2002). Mereka mengungkapkan model ini berdasarkan asumsi Gagne pada tahun 1965, bahwa proses belajar-mengajar itu melalui beberapa tahap yang disebut “events of instruction”. Untuk itu pembelajaran  yang  telah  didesain dengan baik dimulai dengan membangkitkan minat siswa, yang kemudian di susul dengan menyajikan materi baru, melibatkan umpan  balik  siswa  (feedback), mengukur pemahaman mereka (assesing) dan diteruskan ke aktivitas berikutnya. Heinich dkk. (2002) juga menguraikan enam langkah yang merupakan “blue print” rencana pembelajaran yang berfungsi menguraikan rencana pembelajaran, yaitu 1) Menganalisis pebelajar, 2) Menetapkan tujuan pembelajaran, 3) Memilih metode, media, dan materi, 4) Menggunakan media dan materi, 4) Memerlukan partisipasi pebelajar, dan 5) Evaluasi dan revisi. Berikut ini akan dijelaskan satu-persatu berdasarkan review dari Heinich, Molenda, Russell, dan Smaldino (2002).
  1. Pemilihan media and materials
    Khusus untuk pemilihan media pembelajaran, Heinich dkk (2002) menggunakan 3 (tiga) langkah dalam tahapan ini, yaitu :

    • Memilih metode.
      Perancang tidak mungkin memiliki keyakinan bahwa hanya ada satu metode yang  unggul dibanding metode lain. Untuk itu perlu dipilih metode yang bisa sesuai dengan gaya belajar siswanya.
    • Memilih format media
      Format media adalah bentuk fisik tempat dimasukan dan dipajangkannya suatu media, misalnya flip chart, slide, video, dan multimedia. Dalam memilih format media dipertimbangkan sejumlah media dan teknologi yang tersedia, ragam pebelajar dan  tujuan yang ingin dicapai.
    • Menghasilkan bahan ajar khusus
      Pemilihan bahan ajar sebelumnya mempertimbangkan tujuan,  siswa,  biaya, keahlian teknis, peralatan, fasilitas dan waktu. Heinich dkk (2002) menjabarkan beberapa langkah yang dapat dilakukan: 1) menyeleksi bahan ajar yang tersedia, 2) memodifikasi bahan ajar yang sudah ada, dan 3) merancang bahan ajar baru.
  2. Utilize media and materials
    Penggunaan media dan bahan ajar oleh pembelajar dan pebelajar berpedoman kepada 5P:

    • Preview, Tinjaulah materi. Proses penyeleksian bahan ajar ini menentukan materi yang cocok dengan tujuan dan kondisi siswa.
    • Prepare the Material, Persiapkan bahan ajar dengan; mengumpulkan semua materi dan peralatan yang akan diperlukan, kemudian menentukan urutan penggunaan materi dan  medianya
    • Prepare the embironment, Mempersiapkan lingkungan belajar (di lab, di pusat media, atau di lapangan olah raga, fasilitas termasuk tempat duduk, ventilasi, pencahayaan dan sebagainya.
    • Prepare the Learners, Mempersiapkan siswa sama pentingnya dengan memberikan pengalaman belajar. Sampaikan tinjauan isi pelajaran, dasar pemikiran tentang topik yang akan dikaji, dan berikan motivasi
    • Provide the Learning Experience, memberikan pengalaman belajar seperti mengeksplorasi topik, misalnya di internet,  membahas  isi,  mempersiapkan  materi  untuk portofolio  atau menyampaikan informasi ke rekan sekelasnya.
  3. Evaluate penggunaan metode dan media pembelajaran
    Model ASSURE mengevaluasi penggunaan metode dan media pembelajaran. Evaluasi dilakukan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan; 1) apakah bahan ajar pembelajarannya efektif? 2) apakah dapat ditingkatkan? 3) apakah efektif ditinjau dari pencapaian belajar siswa? Dan 4) apakah presentasi memakan waktu lebih dari semestinya?
    Bahan pembelajaran dievaluasi untuk menentukan apakah bisa digunakan dimasa mendatang atau perlu dimodifikasi. Untuk mengevaluasi metode dan media pembelajaran dapat menggunakan diskusi kelas, wawancara perorangan dan pengamatan perilaku siswa dengan mengajukan pertanyaan; 1) apakah media membantu siswa dalam mencapai tujuan? 2) apakah media efektif menarik perhatian siswa? Dan 3) pakah media memberi kesempatan siswa untuk berpartisipasi? Jika terdapat kekurangan, maka perbaiki bagian yang kurang tersebut. Ajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: 1) bagaimana  reaksi  siswa  terhadap  metode  dan  media  pembelajaran  yang dipakai? 2) apakah pengajar merasa puas dengan nilai bahan ajar dan metode yang dipilih?

Posted 15 Jul 2011 04:48 PM by admin in Teori Belajar


Download Attachment :
Makalah Isbd.doc
Kel 8 Manajemen Humas.doc
Ringkasan Harga Cd Motivasi_oktober.pdf
Scholarships2012.xls
Lkti Juara 3.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net