RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran ekonomi

ABSTRAK

Agustin, Sri. 2008. Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalianget. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Umi Mintarti W, S.E. M.P. Ak. (2) Dr. Hadi Sumarsono, ST, M.si.
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Melalui pendidikan diharapkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sangat diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa. Proses belajar tidak selalu berhasil, hasil yang dicapai antara siswa yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan. berhasil tidaknya proses belajar mengajar tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya tapi digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Guru ekonomi harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi siswa dalam pelajaran ekonomi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor eksternal. Faktor internal sangat mempengaruhi belajar siswa namun faktor internal dipengaruhi oleh faktor eksternal.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang kondisi dan pengaruh faktor eksternal (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat) secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Kalianget.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis deskriptif korelasional dengan teknik regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 129 siswa kelas XI IPS 1, 2 dan 3 SMAN 1 Kalianget tahun ajaran 2007/2008. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan perhitungan Slavin sebanyak 57 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Kemudian sampel penelitian ditentukan secara proporsional yaitu 19 siswa dari masing-masing kelas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor eksternal dan prestasi belajar ekonomi siswa tergolong baik dan dari analisis regresi diketahui (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor lingkungan mayarakat terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat (faktor eksternal) mempunyai pengaruh secara simultan dan parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel bebas (faktor eksternal) sebesar 58,3 % sedangkan sisanya 41,7 % disebabkan oleh variabel lain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa lingkungan keluarga merupakan variabel yang paling efektif dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang simultan dan parsial yang positif signifikan faktor eksternal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Saran yang bisa diberikan (1) Orang tua sebaiknya lebih meningkatkan perhatian kepada siswa dengan menanyakan kesulitan anak dan lebih meluangkan waktu untuk membantu dan menemani anak dalam belajar serta memberikan solusi ketika anak mengalami kesulitan belajar.(2) Pada aspek media pembelajaran dan tugas rumah perlu di perbaiki lagi dengan lebih menambah kelengkapan fasilitas dan media pengajaran serta buku-buku penunjang mata pelajaran ekonomi yang relevan karena tidak semua siswa mampu membeli sendiri mengingat sebagian besar perekonomian siswa menengah ke bawah. Selain itu seharusnya guru lebih sering memberikan tugas atau latihan-latihan dan sering membahas tugas yang diberikan sehingga anak lebih terlatih dan giat dalam belajar. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan masyarakat sudah cukup baik namun merupakan faktor yang paling lemah dari faktor lain. Maka kerjasama keluarga dan masyarakat diperlukan untuk menjaga pergaulan anak khususnya teman bergaul. Teman bergaul seharusnya bisa diajak belajar bersama dan memberikan bantuan atau solusi ketika siswa mengalami kesulitan belajar. (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan penelitian sampel dengan wilayah populasi yang lebih luas dan mengembangkan permasalahan yang terkait dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Posted 05 Aug 2011 01:34 AM by admin in Abstrak Penelitian


Download Attachment :
Nuansa Fiqih Sosial.doc
Doktrin Zionisme Dan Idiologi Pancasila.doc
Bila Kiyai Menjadi Tuhan.doc
Kegiatan Belajar 1.doc
Rancangan Anggaran Kegiatan Pembelajaran Tik Smp Sma Arrahman 2011 2012.doc

Recent Post

  • Prinsip pendidikan dan
    Prinsip pendidikan dan pengajaran peserta didik autis - AsesmenAsesmen adalah proses yang sitematis dalam mengumpulkan data berfungsi untuk ...
  • Contoh Asesmen Perkembangan
    Contoh Asesmen Perkembangan Peserta Didik Autis - Aspek Sosial Apakah anak dapat diajak dalam kegiatan menempel ...
  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...




Checkpagerank.net