RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru di Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa

ABSTRAK

Ramadhani, Arnety Nantris. 2007.Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru di Kelas terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Ardjuna Malang (Studi Siswa Kelas II Jurusan Administrasi Perkantoran pada Mata Diklat Menangani Surat Masuk dan Surat Keluar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sarbini, (2) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si.
Dalam meningkatkan prestasi dan mutu para tamatan SMK, perlu adanya peningkatan kualitas proses belajar mengajar di kelas. Kualitas belajar siswa serta para lulusan ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar tersebut atau dengan kata lain kualitas belajar siswa banyak ditentukan oleh fungsi dan peran guru di kelas. Fungsi dan peran guru salah satunya adalah sebagai pemimpin. Dalam memimpin kelas guru memiliki gaya kepemimpinan tersendiri. Ada tiga macam gaya kepemimpinan guru di kelas yaitu, (1) Demokratis, (2) Otokratis, 3. Gaya kepemimpinan Laissez faire (kendali bebas). Disamping itu kreativitas guru di kelas juga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan kreativitas guru di kelas serta fungsi dan peran yang dijalankan dengan baik maka proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan kondusif, efektif dan efisien sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gaya kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas di SMK Ardjuna Malang Jurusan Administrasi Perkantoran. (2) mendeskripsikan tingkat prestasi belajar siswa SMK Ardjuna Malang Jurusan Administrasi Perkantoran. (3) mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas terhadap prestasi belajar siswa SMK Ardjuna Malang Jurusan Administrasi Perkantoran pada mata diklat Menangani Surat Masuk dan Surat Keluar.Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas II APK di SMK Ardjuna Malang yakni SMK Ardjuna 1 dan SMK Ardjuna 2 Malang yang berjumlah sebanyak 61 siswa. Penelitian ini melibatkan empat variabel bebas (X) yang terdiri dari gaya kepemimpinan demokratis (X1), gaya kepemimpinan otokratis (X2), gaya kepemimpinan laissez faire (X3), kreativitas guru di kelas (X4), sedangkan variabel terikat (Y) dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa. Alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial dengan bantuan SPSS 11.00 For Windows.Hasil penelitian menunjukkkan: (1) Nilai koefisien parsial gaya kepemimpinan demokratis (B1) sebesar 0,331, thitung = 3,552, sig t = 0,001. (2) Nilai koefisien parsial gaya kepemimpinan otokratis (B2) sebesar 0,358, thitung = 3,362, sig t = 0,001. (3) Nilai koefisien parsial gaya kepemimpinan laissez faire (B3) sebesar -0,256, thitung = -3,309, sig t = 0,002. Serta (4) Nilai koefisien parsial kreativitas guru di kelas (B4) sebesar 0,068, thitung = 4,138, sig t = 0,000.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis dengan prestasi belajar siswa (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan otokratis dengan prestasi belajar siswa (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan laissez faire dengan prestasi belajar siswa dengan arah variabel negatif (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kreativitas guru di kelas dengan prestasi belajar siswa (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan guru secara simultan dengan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan Sig F sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 22,575, nilai koefisien regresi (Multiple R) yang dimiliki adalah 0,740 dan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang disesuaikan adalah sebesar 0,523. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan kreativitas guru di kelas dengan prestasi belajar siswa.Hal ini dibuktikan dengan Sig F sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai F hitung sebesar 26,087, nilai koefisien regresi (Multiple R) yang dimiliki adalah 0,809 dan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang disesuaikan adalah sebesar 0,630.Saran yang diajukan berkaitan dengan temuan yang telah diperoleh adalah (1) Guru sebaiknya menerapkan kepemimpinan yang situasional dan fleksibel yang memusatkan perhatian pada kondisi siswanya sehingga perilaku yang diterapkan oleh guru akan tepat dan efektif. Selain itu kreativitas guru saat di kelas juga perlu ditingkatkan sehingga dapat mencapai prestasi yang baik. (2) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian-penelitian lanjutan indikator alternatif lain yang memiliki kontribusi terhadap keefektifan dan peningkatan kualitas proses belajar mengajar serta peningkatan prestasi belajar siswa dengan obyek penelitian yang lebih luas.

Posted 04 Aug 2011 08:29 PM by admin in Abstrak Penelitian


Download Attachment :
Nuansa Fiqih Sosial.doc
Doktrin Zionisme Dan Idiologi Pancasila.doc
Bila Kiyai Menjadi Tuhan.doc
Kegiatan Belajar 1.doc
Rancangan Anggaran Kegiatan Pembelajaran Tik Smp Sma Arrahman 2011 2012.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net