RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Pengolahan Dan Penafsiran Hasil Asesmen

Asesmen, seperti yang disinggung di modul sebelumnya, dibedakan menjadi asesmen hasil dan asesmen proses. Alat ukur yang digunakan dalam asesmen hasil umumnya adalah tes, sedangkan alat ukur untuk asesmen proses adalah observasi, wawancara, dan/atau angket.
Data yang diperoleh melaui tes adalah data yang berupa angka atau data numerik (numeric), namun data yang diperoleh melalui obervasi, wawancara, dan angket tergantung bentuk lembar/alat observasi, wawancara, dan angket yang digunakan. Sebagai contoh, observasi terstruktur (Tabel 3.1) menghasilkan data numerik, sedangkan wawancara tak terstruktur (Tabel 3.2) menghasilkan data non-numerik (kata, frasa, kalimat).
Tabel 3.1: Contoh lembar observasi terstruktur íKetrampilan mengajarí
Petunjuk: Berikan penilaian terhadap ketrampilan mengajar guru yang Anda amati sesuai butir-butir berikut. Berikan nilai 2 apabila Anda ísetujuí dan nilai 1 apabila Anda ítidak setujuí.
Butir PengamatanYaTidak
1.Pembukaan pelajaran menarik.
2.Penjelasan tujuan pembelajaran singkat dan jelas.
3.Penjelasan isi pelajaran runtut.
4.Pemberian contoh sesuai isi pelajaran.
6.Penggunaan media sesuai kebutuhan.
7.Pertanyaan kepada siswa bervariasi.
8.Pemberian jawaban pertanyaan siswa memuaskan.
Catatan:
Lembar observasi di atas dinamakan ískala dua-butirí (two-point scales). Selain itu, masih ada yang menggunakan lima skala atau yang biasa disebut skala Likert (Likert Scales), adjective scales, dan bipolar adjective scales atau semanticdifferential.
Tabel 3.2: Contoh lembar pengamatan tak-terstruktur íKegiatan belajar dan mengajarí
Petunjuk: Buatlah deskripsi tentang kejadian-kejadian yang Anda amati sesuai pertanyaan yang ada di dalam lembar pengamatan ini. Dalam waktu yang bersamaan, berikan penilaian/komentar Anda terhadap kejadian tersebut. Tuliskan uraian kejadian dan komentar/penilaian Anda di tempat yang disediakan.

  • Amatilah kegiatan belajar dan mengajar yang tengah berlangsung dan deskripsikan mata pelajaran, cara mengajarkan, bahan pelajaran, dan alat bantu pelajarannya. Berikan penilaian/komentar Anda terhadap masing-masing butir ini.

Deskripsi Kejadian:
Komentar/Penilaian:

  • Amatilah gurunya dan deskripsikan kesiapan, persiapan, penguasaan materi, dan hubungannya dengan siswa. Berikan penilaian/komentar Anda terhadap masing-masing butir ini.

Deskripsi Kejadian:
Komentar/Penilaian:

Setelah suatu asesmen selesai dilakukan dan data diperoleh, satu keputusan yang perlu dilakukan adalah bagaimana hasilnya diputuskan. Bab ini akan memberikan penjelasan dan ilustrasi tentang bagaimana data numetrik dari skor tes dan data numerik dan non-numerik dari obervasi diolah dan diinterpretasikan.

Posted 26 Jun 2011 07:25 AM by admin in Pengolahan Dan Penafsiran Hasil Asesmen


Download Attachment :
G1898518 Instalasi Wordpress Offline.pdf
Mkpbm I Mata Kuliah Pbm I.doc
Pengaruh Ifrs Terhadap Silabus Dan Materi Pengajaran Akuntansi Keuangan.doc
Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sekolah Dasar Se Kota Surabaya Tahun 2011.doc
Nara Sumber Pada Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sd Pemerintah Kota Surabaya Tanggal 20 Juli 2010.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net