RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Perkembangan Konsep-Diri dan Harga-Diri Anak Masa Sekolah Menengah

Konsep-diri dan harga-diri juga berubah pada saat anak-anak masuk dan mengarungi masa remaja. Pergeseran kea rah pelukisan yang lebih abstrak yang mulai pada anak-anak pertengahan dan berlanjut dengan deskripsi-diri remaja sering meliputi factor-faktor pribadi (bersahabat, menjengkelkan), emosi (tertekan,mempunyai kekuatan batin), dan keyakinan pribadi. Di samping itu, konsep-diri menjadi lebih bermacam-macam. Karya Susan Harter telah mengidentifikasi delapan aspek konsep remaja yang berbeda : kompetensi skolastik, konpetensi pekerjan, konpetensi atletik, penampilan fisik, penerimaan social, persahabatan akrab, daya tarik romantis, dan tingkah laku (Harter, 1990). Harga diri jugga mengalami fluktuasi dan perubahan selama remaja. Harga-diri paling rendah terjadi pada saat anak-anak masuk sekolah menengah pertama dan dengan datangnya pubertas (Rosenberg, 1986). Anak-anak perempuan yang matang-awal dan anak-anak yang mengalami transisi ke sekolah menengah pertama cenderung menderita penurunan paling dramatis dalam harga-diri. Pada umunya, anak-anak perempuan remaja memiliki harga-diri lebh rendah daripada anak laki-laki (Marsh, 1993). Harga-diri atau perasaan diri berharga permunculannya paling kuat dipengaruhi oleh penampilan fisik dan kemudian oleh penerimaan sosial oleh teman sebaya.
Implikasi pandangan Erikson tentang remaja terhadap pembelajaran dan kurikulum kaya dan menggelitik-pemikiran. Guru dari remaja dapat membantu anak mereka mengeksplorasi peran dan dalam memberi bantuan ini, guru dapat membuat suasana kelas meriah. Seni drama membantu anak menjadi sadar akan diri mereka sendiri dan mendorong eksperimentasi dengan karakteristik-karakteristik baru. Kajian literature dapat mulai memasukkan perkembangan karakter, motivasi, nilai-nilai, dan pertanyaan-pertanyaan identitas dan otonomi , yang akan membangkitkan daya tarik minat remaja awal dalam ciri-ciri psikologis
Guru harus menghindari untuk cepat-cepat memberikan cap kepada anak, dan kemudian menginterpretasikan perilaku berdasarkan pada cap itu. Guru dapat membatasi kesempatan-kesempatan individu remaja dengan mengangsumsikan bahwa “ ia hanya cocok dalam matematika” atau “ia hanya cocok dalam olahraga”. Guru kadang-kadang meneruskan cap deskriptif mereka kepada guru lain. Guru yang menerima deskripsi semacam itu dianjurkan untuk tidak lekas-lekas percaya dan seyogyanya membentuk kesannya sendiri atas remaja itu. Sekolah yang baik memberikan anak banyak kesempatan untuk mengeksploitasi masa depan yang potensial. Mata pelajaran yang mendorong analisis nilai-nilai, karier, isue-isue konsumen, hubungan-hubungan orang dewasa, dan keorangtuaan khususnya menarik minat remaja saat mereka mulai dapat menetapkan tujuan yang realistis. Orientasi karier dan perguruan tinggi serta bimbingan membantu remaja mempelajari cara membentuk kehidupan orang dewasa mereka. Program yang melibatkan remaja pada kegiatan-kegiatan masyarakat memberikan kesempatan yang dapat mengklarifikasi harapan-harapan mereka. Remaja dapat menggunakan eksploirasi-eksploirasi seperti itu untuk menguji, di dalam imajinasi mereka, kesesuaian dan kebutuhan beraneka ragam peran orang dewasa yang terbuka bagi mereka.
Karena remaja sedang mengeksploitasi pilihan identitas, penting untuk menghindari pembatasan pilihan bagi mereka. Sebagai missal, penting untuk menjaga agar anak berada dalam suatu jalur yang dapat membawa ke perguruan tinggi atau pendidikan setelah sekolah menengah atas dan tidak membiarkan mereka menutup pilihan ini dengan mengambil kursus-kursus tingkat rendah atau menghindari persyaratan-persyaratan perguruan tinggi (Jones, 1993).

Posted 16 Jul 2011 08:34 AM by admin in Perkembangan Anak Masa Sekolah Menengah


Download Attachment :
2 Landasan Keilmuan Kearifan Lokal.pdf
Bab 1 New.pdf
Peta Konsep.pdf
Bab 1.pdf
Bab Iii.pdf

Recent Post

  • Prinsip pendidikan dan
    Prinsip pendidikan dan pengajaran peserta didik autis - AsesmenAsesmen adalah proses yang sitematis dalam mengumpulkan data berfungsi untuk ...
  • Contoh Asesmen Perkembangan
    Contoh Asesmen Perkembangan Peserta Didik Autis - Aspek Sosial Apakah anak dapat diajak dalam kegiatan menempel ...
  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...




Checkpagerank.net