RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Persyaratan - Persyaratan Yang Harus Ada (dipenuhi) agar Metode Tertentu Berfungsi Maksimal

Metode pembelajaran saling berkaitan dan tergantung dengan unsur lain dalam suatu sistem pembelajaran tertentu. Unsur-unsur sistem pembelajaran yang sangat erat hubungannya dengan metode ajaran adalah subjek didik dan fasilitas penunjangnya.
Suatu metode pembelajaran yang dipilih serta dipergunakan dalam praktik pembelajaran barulah akan membawa hasil yang maksimal jika persyaratan-persyaratan yang mesti ada terstandar kualitasnya terpenuhi selama praktek pengajran tersebut.
Tolok ukur untuk melacak terpenuhi atau tidaknya persyaratan dalam pemilihan serta penggunaan metode pembelajaran tertentu dapat ditinjau dari :

  • Kondisi situasi siswa, apakah siswa mampu berpartisipasi aktif dalam penggunaan metode tertentu itu, minimal apakah siswa dapat mengambil manfaat bagi kepentingan belajarnya secara bermakna dalam pembelajaran yang menggunakan metode tertentu itu. Hal yang lebih detail, yang perlu dipertanyakan adalah apakah siswa menguasai keterampilan-keterampilan tertentu yang diperlukan untuk melibatkan diri dalam penggunaan metode tertentu itu.
  • Kondisi-situasi guru, apakah guru menguasai kompetensi (kecakapan dasar) yang diperlukan untuk mengorganisir pembelajaran yang menggunakan metode tertentu itu.
  • Misalnya:  - Jika guru  ingin  menggunakan metode observasi dan demonstrasi, apakah guru dapat bertindak sebagai model?, minimal apakah guru dapat menemukan model dan memberikan umpan balik yang memadai?
  • Jika guru ingin menggunakan metode pemecahan masalah, apakah guru yang bersangkutan cakap membimbing langkah-langkah kerja (berpikir) dan sekaligus membimbing diskusi kelompok para siswa ?
  • Perlu diingat bahwa cara kerja guru mesti berproses: diagnosis ? tindakan pendidikan ? rediagnosis ? tindakan pendidikan penyesuaian ? dan seterusnya. Di pihak lain perlu diingat pula bahwa kualitas bimbingan belajar guru hendaknya bergeser dari situasi siswa terbimbing (directive) ke siswa semakin mandiri belajarnya (self learning).
  • Kesesuaian dengan tujuan, hal ini telah dibahas pada bagian III, A, 1, jadi tidak perlu diuraikan lagi secara rinci; secara garis besar perlu disebut bahwa metode pembelajaran mesti dipilih dan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu; tolok ukur kesesuaian metode dengan tujuan pembelajaran ini adalah yang utama; metode pembelajaran yang dilaksanakan secara teknis adalah baik tetapi tidak mengabdi pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan pastilah tidak efektif dan tidak efisien; jadi metode tersebut tidak berfungsi maksimal dalam sistem pembelajaran yang berorientasi pada tujuan.
  • Kesesuaian dengan bahan pelajaran, hal ini juga telah dibahas pada artikel yang lain dan dalam kesempatan ini hanya akan dipertegaskan ulang bahwa metode pembelajaran sebagai salah satu unsur sistem pembelajaran pasti berkaitan dan dipengaruhi oleh unsur sistem pembelajaran yang lain, khususnya bahan pelajaran.
  • Metode pembelajaran barulah akan dapat berfungsi maksimal jika didukung oleh pengadaan fasilitas atau alat-alat yang memadai; guru tidak bebas memilih serta melaksanakan metode tertentu tanpa mempertimbangkan alat bantu pembelajaran, setiap membuat pilihan dan penggunaan metode pembelajaran guru mesti mempertimbangkan alat-alat yang secara intrinsik dituntut adanya oleh metode yang bersangkutan.

Misalnya:

  • Metode diskusi menuntut adanya sumber belajar yang relevan, banyak jumlahnya, dan dapat dipergunakan siswa sebelum diskusi dilaksanakan.
  • Metode eksperimen laboratorial, menuntut adanya peralatan yang sesuai dengan pokok bahasan dan bidang studi yang bersangkutan.

Posted 27 Jul 2011 06:25 PM by admin in Artikel Pendidikan


Download Attachment :
G1898518 Instalasi Wordpress Offline.pdf
Mkpbm I Mata Kuliah Pbm I.doc
Pengaruh Ifrs Terhadap Silabus Dan Materi Pengajaran Akuntansi Keuangan.doc
Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sekolah Dasar Se Kota Surabaya Tahun 2011.doc
Nara Sumber Pada Workshop Pengembangan Silabus Dan Rpp Pada Guruguru Sd Pemerintah Kota Surabaya Tanggal 20 Juli 2010.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net