RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Relevansi Media Grafis dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SD Kelas Rendah


Anak usia SD kelas rendah (6-7 tahun) berada pada masa transisi tahap praoperasional dan konkret operasional. Pada tahap ini anak masih sulit untuk diajak berpikir tentang hal-hal yang abstrak. Agar pengajaran berjalan dengan baik, Piaget (Woolfolk, MC. Chomanilcolich, 1984) memberikan petunjuk untuk mengajar siswa praoperasional yaitu:
  1. Gunakan benda-benda/alat yang konkret dan alat peraga untuk membantu dalam mengilustrasikan pelajaran dan memahami materi yang sedang dibicarakan, seperti demonstrasi fisik, menggunakan gambar-gambar tentang suatu kejadian
  2. Berikan perintah yang relatif singkat, berikan pengayaan pada saat mengucapkan kata-kata, berikan petunjuk kemudian perintahkan siswa untuk mendemonstrasikan di depan kelas.
  3. Hindarkan pelajaran-pelajaran sosial tentang dunia luar yang terlalu jauh dari jangkauan pengalaman siswa. Dan hindarkan penyajian materi dengan ceramah yang terlalu panjang.
  4. Berikan siswa praktik sebanyak-banyaknya untuk membantu perkembangan keterampilan dan intelektualisasinya misalnya mengunakan guntingan-guntingan gambar, huruf-huruf untuk menyusun kalimat. Hindarkan pengunanaan buku pegangan yang berlebihan.
Sedangkan pelajaran untuk tahap perkembangan konkret operasional, Piaget menyarankan :
  1. Melanjutkan prinsip penggunaan hal yang bersifat konkret sebagai media dan penggunaan perintah-perintah singkat.
  2. Menyusun materi dengan singkat dan jelas.
  3. Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengelompokkan objek/ide dari yang sederhana ke yang kompleks.
  4. Berikan problem yang menuntut pemikiran logis analisis sederhana untuk memecahkan masalah.
Dari uraian di atas jelas terlihat bahwa media grafis memegang peranan penting dalam rangka melaksanakan pengajaran dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa SD kelas rendah. Media grafis mempunyai sifat-sifat praktis, sederhana, dapat membuat materi lebih konkret sehingga mudah diterima siswa, serta dapat menampilkan warna-warna menarik. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media grafis dapat digunakan pada pengajaran dan dapat mengoptimalkan belajar siswa, serta dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Posted 22 May 2011 05:50 PM by admin in PGSD


Download Attachment :
Sni 03 1729 2000 Baja.pdf
Status Of Private Sec School.xls
Bab 10 Elektronika Daya.pdf
Canberralive How To Login1.ppt
Atl Docs 1509113.xls

Recent Post

  • Prinsip pendidikan dan
    Prinsip pendidikan dan pengajaran peserta didik autis - AsesmenAsesmen adalah proses yang sitematis dalam mengumpulkan data berfungsi untuk ...
  • Contoh Asesmen Perkembangan
    Contoh Asesmen Perkembangan Peserta Didik Autis - Aspek Sosial Apakah anak dapat diajak dalam kegiatan menempel ...
  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...




Checkpagerank.net