RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Ruang lingkup perangkat lunak multimedia untuk pendukung pendidikan

Beberapa perangkat lunak yang dipergunakan dalam membangun multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Pada umumnya istilah perangkat lunak multi­media menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer multimedia. Fungsi perangkat lunak multimedia antara lain mengidentifikasikan program multimedia dan menyiapkan aplikasi program multimedia sehingga tata kerja seluruh pera­latan komputer multimedia jadi terkontrol serta mengatur dan membuat pekerjaan agar yang berkaitan dengan multimedia lebih efisien.
Pengertian Perangkat Lunak Authoring. Peralatan Authoring serupa dengan bahasa pemrograman yang me­mungkinkan integrasi teks, video, audio dan animasi ke dalam presentasi yang interaktif. Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pemakai untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan atau pemahaman bahasa pemrograman, meskipun ada beberapa Authoring yang dilengkapi bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Director yang dilengkapi dengan Lingo. Peralatan Authoring multimedia dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu authoring berhasis halaman, authoring berbasis ikon dan authoring berbasis waktu.
Bahasa Pemrograman Multimedia
  1. Delphi
    Delphi merupakan bahasa pemrograman yang beraplikasi windows, delphi menggunakan pendekatan visual yang dibuat oleh perusahaan borland
  2. Visual Basic
    Visual basic merupakan bahasa pemrograman yang dibuat oleh perusahaan microsoft, bahasa pemrograman ini juga menggunakan pendekatan visual yang kompatibel dengan aplikasi database dan web. Pada perkembangannya microsoft telah mengembangkan visual basic.net yaitu visual basic yang diperuntukkan untuk pemrograman internet
Perangkat Lunak Sistem
  1. Microsoft Windows
    Merupakan sistem operasi yang berbasis GUI (graphical User Interface). Memiliki kemudahan untuk penggunaannya dengan metode plug and play. Untuk windows generasi terbari telah dilengkapi sistem pengamanan Fire Wall.Sangat mendukung multimedia. Dikembangkan dan distandarisasi oleh perusahaan Microsoft.
  2. Linux
    Merupakan sistem operasi dalam lingkup variasi UNIX, memiliki keunggulan Open Source, Beberapa pengembang linux telah membangun beberpa sistem operasi berbasis linux, antara lain Red Hat, SuSe, Mandrake, Debian dll. Sistem ini menawarkan kemudahan dalam pengembanganny.
  3. Aple
    Merujuk kepada produk-produk komputer yang dibuat oleh Apple Computer Inc.
  4. Dll
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
  1. Perangkat Lunak Pengolah Teks

    • Microsoft word
      Merupkan perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft yang berfungsi untuk pengolah kata, dengan berbagi kemudahan penggunaan dan fasilitas yang diberikan, microsoft word menempatkan diri sebagi aplikasi office yang banyak digunakan
  2. Perangkat Lunak Pengolah Grafik 2D

    • Adobe photoshop
      Adobe Photoshop dikembangkan oleh perusahaan adobe merupakan pengolah gambar terbaik, digunakan untuk mengolah gambar baik untuk keperluan cetak maupun web.
  3. Perangkat Lunak Aplikasi dan Modelling

    • 3D Max
      3D Max merupakan aplikasi modelling standar yang berbasis windows, dibuat oleh perusahaan yost group yang merupakan sub dari perusahaan raksasa autodesk. Perangkat lunak ini membangun model 3 Dimensi untuk keperluan animasi multimedia
  4. Authoring Berbasis Halaman

    • Toolbook Assistant
      Toolbook Assistant merupakan sofwere yang dikembangkan oleh perusahaan asyimetrix yang memungkinkan seorang profesional bisnis non-teknik membuat presentasi berkualitas tinggi, model penggunaannya cukup dengan klik dan drag.
  5. Authoring Berbasis Ikon

    • Microsoft Power Point
      Microsoft Power Point merupakan perangkat lunak authoring berbasis ikon yang dibuat oleh perusahaan microsoft. Dengan visualisasi Task pane memungkinkan pengguna perangkat lunak ini melakukan kegiatan disain cepat dan mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  6. Authoring Berbasis Waktu

    • Macromedia Director / Adobe
      Macromedia Director merupakan perangkat lunak Authoring Berbasis Waktu yang dikembangkan oleh perusahaan macromedia (sekarang dibeli Adobe), penggunaan frame untuk animasi  memudahkan pengguna untuk mentntukan waktu animasi yang dibutuhkan
  7. Perangkat Lunak Editing
    Perangkat lunak editing terdiri dari perangkat lunak editing suara dan editing video. Perangkat lunak editing audio antara lain CoolEdit dan Wavelab. Sedangkan perangkat lunak editing video, Adobe Premiere 6.0
  8. Perangkat Lunak Editing Audio

    • CoolEdit
      Perangkat pengolah audio yang paling populer, dengan berbagai fasilitas yang dimilikinya perangkat lunak ini dapat mengolah audio layaknya diolah dalam studio audio profesional. Sanggup melakukan mixing audio dan memberikan efek pada audio
  9. Perangkat Lunak Editing Video

    • Adobe Premiere
      Adobe Premiere merupakan perangkat lunak yang diproduksi perusahaan adobe untuk keperluan editing video. Adobe primiere paling banyak digunakan dalam editing profesional karena memiliki keunggulan dalam memberikan efek berupa transisi, video dan audio profesional dan didukung oleh plug in yang dapat memudahkan editor untuk mengedit video lebih maksimal
  10. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

    • Macromedia Flash dan Macromedia Dreamweaver
      Macromedia Flash dan Macromedia Dreamweaver merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan macromedia yang diperuntukkan untuk mendesain web agar lebih menarik dan atraktif, pada flash memiliki kemampuan pada aplikasi animasi dan database yang kompak. Dan dreamweaver dapat mendesain tampilan dengan mudah juga sanggup membuat denganberbagai aplikasi pemrograman web baik HTML, PHP, Java sript, ASP dll

Posted 25 Jun 2011 08:36 PM by admin in Multimedia


Download Attachment :
Makalah Isbd.doc
Kel 8 Manajemen Humas.doc
Ringkasan Harga Cd Motivasi_oktober.pdf
Scholarships2012.xls
Lkti Juara 3.doc

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net