RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Seminar Permasalahan Penelitian Dalam Bidang Teknologi Pendidikan

A. Latar Belakang
  1. Sampai saat ini masih banyak para akademisi, praktisi, maupun peneliti di bidang Teknologi Pendidikan yang masih belum memahami tentang bidang garapan penelitian teknologi Pendidikan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa mereka, banyak yang masih berkutat pada judul-judul penelitian yang mengarah pada suatu tema yang sudah jenuh, sehingga hasil-hasil penelitian dibidang Teknologi Pendidikan kurang mengalami perkembangan yang berarti. Temuan-temuan baru sulit diperoleh, yang ada hanyalah replikasi atau perkuatan terhadap teori-teori tertentu yang telah mapan.
  2. Banyak para akademisi, praktisi maupun peneliti dibidang Teknologi Pendidikan yang masih belum memahami tentang ruang lingkup penerapan pendekatan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, penelitian pengembangan, maupun penelitian jenis evaluasi dalam penelitian Teknologi Pendidikan, sehingga berakibat pada ketidaktepatan dalam mengambil keputusan ketika menggunakan kedua pendekatan itu sesuai dengan tujuan dan konteks penelitian.
  3. Seiring dengan perkembangan disain pembelajaran, maka perlu pula disosialisasikan konsep penelitian pengembangan dalam kancah penelitian teknologi Pendidikan
  4. Melalui penyelenggaraan seminar sehari tentang permasalahan dalam bidang penelitian Teknologi Pembelajaran, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang tepat tentang bidang garapan penelitian dibidang Teknologi Pendidikan.
B. Tujuan Seminar.
Penyelenggaraan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para dosen dan mahasiswa tentang bidang garapan dan permasalahan dalam penelitian Teknologi Pendidikan.
C. HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Kesamaan persepsi tentang bidang garapan penelitian bidang teknologi pendidikan/pembelajaran
  2. Kesamaan persepsi tentang usulan penelitian, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian bidang teknologi pendidikan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif
  3. Kesamaan persepsi tentang usulan penelitian, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian bidang teknologi pendidikan dengan menggunakan pendekatan penelitian kulitatif
  4. Kesamaan persepsi tentang usulan penelitian, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian bidang teknologi pendidikan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan
  5. Kesamaan persepsi tentang usulan penelitian, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian bidang teknologi pendidikan dengan menggunakan jenis penelitian evaluasi
D. WAKTU DAN TEMPAT
Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Oktober 2011, Pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB di Auditorium Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya.
E. PESERTA
Seminar ini diharapkan diikuti mahasiswa pasca sarjana Teknologi Pendidikan, dosen, guru dan praktisi pendidikan, pengelola pendidikan, pemerhati pendidikan, dan stakeholder. Seluruh peserta diperkirakan berjumlah 100 orang.
F. NARA SUMBER KEY NOTE SPEAKER:
  1. Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc (Dosen PPS Universitas Negeri Jakarta/Pemrakarsa Program Studi Teknologi Pendidikan di Indonesia)
    Materi
    : Domain Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan
NARA SUMBER
  1. Prof. Dr. Rusijono, M.Pd (Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
    Materi
    : Usulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Kuantitaif
  2. Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd (Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
    Materi:
    Usulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Evaluasi
  3. Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd (Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
    Materi
    : Usulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Pengembangan
  4. Dr. Karti Soeharto, M.Pd (Dosen Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya)
    Materi
    : Usulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Kualitatif
G. SUSUNAN ACARA

NO

PUKUL

KEGIATAN

KETERANGAN

1

08.00-09.00

  • Registrasi Peserta
Panitia

2

09.00 -09.30

  • Pembukaan
M.C. (Aziza, S.Pd)

  • Lagu Indonesia Raya
Nancy Angko, S.Pd

  • Laporan Penyeleggara
Syarif Hidayatullah, S.Pd

  • Pengarahan dan Pembukaan
Direktur PPS Unesa

  • Doa
Rusmiyanto, S.Pd

3

09.30-09.45 Istirahat

 

09.45-11.00Sajian: KEY NOTE SPEAKER   Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc Materi : Domain Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan

4

11.00-12.30Paparan materi dan tanya jawab sesi I

  • Prof. Dr. Rusijono, M.Pd
Materi : U sulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Kuantitaif

  • Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd Materi: U sulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Evaluasi

5

12.30-13.30 Ishoma

6

13 . 30 -1 5 . 00Paparan materi dan tanya jawab sesi II

  • Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd Materi : U sulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Pengembangan
  • Dr. Karti Soeharto, M.Pd
Materi : U sulan Penelitian, Pelaksanaan, dan Pelaporan Penelitian Bidang Teknologi Pendidikan dengan Menggunakan Pendekatan Penelitian Kualitatif

5

15.00 - SelesaiLaporan PanitiaPenutupanKa. Prodi PPS UnesaDirektur PPs Unesa
Tertarik mengikuti ..??
Untuk mengikuti kegiatan Seminar ini setiap peserta dikenakan biaya Rp. 100. 000, 00 (seratus ribu rupiah). Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke BCA KCP LAMONGAN an. LAILA, S.Ag  No. Rek. 3300460622 dan BANK MANDIRI KCP PUCANG ANOM an. CORRY UTAMI LISTYA No. Rek. 141-00-11227875-1 atau langsung datang ke sekretariat seminar d/a. Tata Usaha Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya Telp: 031-8293484, 081330638768 (Ibu Diana). Isa Iskandar 081615300767.
Setelah melakukan pembayaran via bank, harap segera konfirmasi via sms ke no di atas.

Posted 09 Sep 2011 03:04 PM by admin in Seminar Teknologi Pendidikan


Download Attachment :
Nuansa Fiqih Sosial.doc
Doktrin Zionisme Dan Idiologi Pancasila.doc
Bila Kiyai Menjadi Tuhan.doc
Kegiatan Belajar 1.doc
Rancangan Anggaran Kegiatan Pembelajaran Tik Smp Sma Arrahman 2011 2012.doc

Recent Post

  • Prinsip pendidikan dan
    Prinsip pendidikan dan pengajaran peserta didik autis - AsesmenAsesmen adalah proses yang sitematis dalam mengumpulkan data berfungsi untuk ...
  • Contoh Asesmen Perkembangan
    Contoh Asesmen Perkembangan Peserta Didik Autis - Aspek Sosial Apakah anak dapat diajak dalam kegiatan menempel ...
  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...




Checkpagerank.net