RSS

..: Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya :..

Visualisasi Blok Dienes sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan di Sekolah Dasar dengan Bantuan Komputer

ABSTRAK


Hapsah, Dewi Sufia. 2008. Visualisasi Blok Dienes sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan di Sekolah Dasar dengan Bantuan Komputer. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moh Yasin, S.Kom, M.Kom, (II) Dr. Subanji, S.Pd, M.Si.


Salah satu konsep matematika yang harus dipahami siswa Sekolah Dasar adalah operasi hitung bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Akan tetapi, selama ini pembelajaran operasi hitung bilangan lebih ditekankan pada kecepatan berhitung daripada pemahaman konsep, yang justru mengakibatkan siswa menjadi fobi terhadap matematika.
Fobi terhadap matematika dapat diatasi dengan mengubah titik berat pembelajaran, dari abstrak menjadi konkret, teoritis menjadi fungsional praktis. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan media pembelajaran. Saat ini terdapat banyak media yang dapat dipergunakan. Salah satunya adalah Blok Dienes.
Blok Dienes dapat dipergunakan sebagai peraga konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Akan tetapi, Blok Dienes sebagai media pembelajaran tidak dapat dipergunakan oleh semua siswa karena keterbatasan jumlah Blok Dienes yang tersedia. Selain itu, penggunaan Blok Dienes bersifat manipulatif. Siswa dapat mencoba-coba sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal ini kadang-kadang juga membosankan.
Usaha untuk mengatasi hal ini dilakukan dengan memvisualisasikan Blok Dienes melalui program komputer. Skripsi ini menghasilkan program yang memvisualisasikan penggunaan Blok Dienes sebagai media pembelajaran operasi hitung bilangan, yang mudah digunakan. Dengan program ini tidak perlu tersedia Blok Dienes, selama pembelajaran berlangsung. Peragaan penggunaan Blok Dienes untuk menanamkan konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dapat ditampilkan setahap demi setahap. Dengan demikian pemahaman konsep operasi hitung bilangan menjadi lebih baik dan lebih ringkas.

Posted 04 Aug 2011 08:46 PM by admin in Abstrak Penelitian


Download Attachment :
Nuansa Fiqih Sosial.doc
Doktrin Zionisme Dan Idiologi Pancasila.doc
Bila Kiyai Menjadi Tuhan.doc
Kegiatan Belajar 1.doc
Potensi Sitotoksik Buah Kepel.pdf

Recent Post

  • Hakikat Dan Perkembangan
    Hakikat Dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini - Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara ...
  • Bagaimana Anak Usia
    Bagaimana Anak Usia Dini Belajar - Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat ...
  • Jenis-jenis Asesmen Autentik
    Jenis-jenis Asesmen Autentik - Dalam rangka melaksanakan asesmen autentik yang baik, guru harus memahami ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Belajar Autentik - Asesmen Autentik menicayakan proses belajar yang Autentik pula. Menurut Ormiston ...
  • Asesmen Autentik dan
    Asesmen Autentik dan Tuntutan Kurikulum 2013 - Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran ...
  • Definsi dan Makna
    Definsi dan Makna Asesmen Autentik - Asesmen autentik adalah pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil ...
  • Landasan Kurikulum 2013
    Landasan Kurikulum 2013 - Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan ketentuan yuridis yang mewajibkan adanya pengembangan ...
  • Perkembangan Kognitif dan
    Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung (Baca-Tulis-Hitung) - NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan ...
  • Tahap Perkembangan Kognitif
    Tahap Perkembangan Kognitif anak usia dini (lahir-8 tahun) menurut Piaget - Tahap Sensorimotor (lahir-18 bulan) Pada tahap ini, bayi hanya bergantung ...
  • Tahapan kognitif Anak
    Tahapan kognitif Anak - Kognisi adalah proses dan produk yang terjadi dalam otak sehingga ...
  • Model Pembelajaran Reggio
    Model Pembelajaran Reggio Emilia - Model pembelajaran Reggio Emilia merupakan contoh model ...
  • Model Pembelajaran Montessori
    Model Pembelajaran Montessori - Model pembelajaran Montessori mengacu pada pembelajaran yang dikembangkan Maria Montessori, ...
  • Model pembelajaran Bermain
    Model pembelajaran Bermain Kreatif - Model pembelajaran bermain kreatif mulai dikembangkan pada tahun 1985 di ...
  • Model Pembelajaran High/scope
    Model Pembelajaran High/scope - Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar ...
  • Hakikat Permainan Teka
    Hakikat Permainan Teka Teki - Pada hakikatnya permainan adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh individu ...




Checkpagerank.net